SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Apa Sih yang Bisa Kita Dapatkan dari Dongeng?

Senin, 02 Agustus 2021 ~ Oleh rohmad jamhari ~ Dilihat 193 Kali

Oleh: Fatihatun Uzma Nur Nadhifah

Siswi SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari, Kelas 6 Smart

 

Assalamualaikum teman teman…     

Gimana nih kabarnya? Semoga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin… Dikondisi pandemi seperti sekarang ini, pasti semua kegiatan dilakukan dirumah dari mulai sekolah,bekerja dan kegiatan lainnya.Terkadang setelah belajar pasti kita sering memikirkan “mau apa ya,bingung nih biasanya kalau disekolah habis belajar main sama temen hmm…” Tapiii…. Masih ada lho teman teman kegiatan yg bisa kalian lakukan  walau pun hanya di dalam rumah. Hayoooo…. Apaa…. Yap kalian bisa membaca buku, mewarnai, menggambar, membantu orang tua, mendongeng dan masih banyak lagi. Kalau aku mengisi waktu luang dengan membaca dongeng dan mendongeng.

Kenapa aku suka mendongeng dan membaca buku.? karena sejak kecil, aku itu seneng dengan dongeng. Yang lucu kalau ke toko, aku minta dibelikan buku,padahal saat itu aku belum bisa baca, lho terus gimana cara tahu cerita di buku nya? Nah, karena setiap malam, sebelum aku aku tidur aku selalu dibacain buku cerita,terus kalau belum dibacain buku cerita aku nggak akan bisa tidur hihihi. Memang sih dari kecil aku suka banget didongengin dan yg dongengin itu neneku,utiku,ibuku dan bapaku. Makanya sampai sekarang mendongeng itu adalah hobi ku. Mendongeng memang harus dibiasakan sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan

Aku pernah punya cerita lucu waktu kecil sekitar usiaku 2 tahunan. Bapak ibu pernah nih mengajakku main game. Tantangannya, ada tumpukan beberapa buku. Aku diminta mengambil beberapa judul buku sesuai yang disebutkan bapakku. Misalkan, “sekarang ambil buku berjudul Malin Kundang !.” kata Bapak. Akupun berlari mengambil buku tersebut. Dan hasilnya selalu benar padahal aku belum bisa baca. Kenapa bisa demikian karena buku-buku sering dibacakan sebelum aku tidur, jadi kemungkinan aku hafal buku-buku dongeng tersebut. Jadi sampai sekarang, apalagi BDR, waktu luangku banyak aku gunakan dengan membaca dongeng atau mendongeng didepan adik ku.

Apa sih yang bisa kita dapatkan dari dongeng? Dari dongeng, imajinasi kita diasah lebih kreatif. Banyak nilai-nilai moral yang bisa kita ambil dari setiap tokoh yang ada didongeng tersebut. Dan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan nyata.

Nah, beberapa waktu lalu aku semangat banget saat mendapatkan kesempatan untuk lomba mendongeng atau bercerita, sekali denger “kak ada lomba mendongen lho mau ikut nggak?”kata ibuku.  “Mauuuuuu” aku menjawabnya semangat sekali,setelah itu aku terus berusaha untuk menghafal dan mempraktekan. Untuk hasilnya pastilah diserahkan ke Allah mau kalah atau menang yang penting itu sudah usaha maksimalku dan aku senang melakukannya.

Nah teman teman tetap semangat berkarya, walau di kondisi pandemi seperti ini, pandemi bukanlah halangan bagi kita untuk selalu berkarnya

Semoga cerita pengalaman mendongengku diatas bisa memotifasi teman teman untuk selalu semangat berkarya. Kita kembangkan hobi kita menjadi karya terbaik kita. Yang hobinya menggambar, hobinya membuat puisi, hobinya memasak, hobinya menyanyi dan hobi lainnya bisa menjadi karya terbaik kita.

Tetap semangat teman-teman.

Terimakasih, Wasalamualaikum wr.wb.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT