SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Tim KIR SD Muh. Al Mujahidin Wonosari berlaga di The Internasional Young Inventors Award (IYIA) 2018

Selasa, 18 September 2018 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 123 Kali

 

Oleh: Drs. Andar Jumailan, M.M.

Kepala SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari

 

Peserta ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) SD Muh Al Mujahidin Wonosari kembali akan mempresentasikan hasil penelitiannya pada lomba tingkat internasional.

Shabiha Noor Aziza binti Nuryanto Ruadi, siswa kelas 6 dan Maqreta Surya Ningtyas binti Paimin, siswa kelas 5 akan mengikuti event The 5th IYIA (International Young Inventors Award) 2018 yang berlangsung mulai tanggal 19-22 September 2018, di hotel Grand Inna Garuda, Denpasar, Bali. Tim dari SD Muhammadiyah Al Mujahidin ini akan bersaing dengan 315 tim yang berasal dari 15 negara.

Hasil penelitian yang diangkat dalam lomba kali ini adalah Brownies Scala (sweet cassava low calorie). Brownies yang berbahan dasar singkong ini merupakan solusi makanan sehat yang rendah kalori, terutama bagi penderita obesitas dan diabetes. Singkong yang seringkali kita anggap makanan biasa ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Gunungkidul dalam hal memaksimalkan potensi pangan lokal khususnya ketela agar dapat bersaing di kancah global.

Brownies Scala hasil siswa SD Al Mujahidin ini sudah diujikan kandungan kalorinya di laboratorium UGM dengan hasil 2207,29 kal/g tetap lebih rendah dari brownies tepung terigu. Sehingga lebih aman dikonsumsi oleh masyarakat pencinta brownies yang sedang menderita diabetes, obesitas ataupun mengikuti program diet kalori.

Ekstra kurikuler KIR SD Muh. Al Mujahidin ini dibimbing oleh Ustadzah Iis Ani Safitri, S.Pd. dan Ustadzah Yunita Trihastuti, S.Pd. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan untuk memberikan wadah bagi siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga potensi dirinya bisa dikembangkan secara maksimal. Ekstra KIR dilaksanakan di sekolah secara rutin seminggu sekali.

Mohon doa restu bapak/ibu semua, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran dan hasil yang terbaik untuk siswa kami. Atas doa restunya diucapkan terima kasih.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT