SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Asyiknya Menghafal Al-Qur'an

Selasa, 02 Oktober 2018 ~ Oleh meidia ~ Dilihat 20 Kali

 

Oleh: Daviesa Fiorenza Yocelyn Putri

Siswi SD Muh. Al-Mujahidin Wonosari Kelas 4 Smart

 

      Al-Qur’an adalah firman atau wahyu yang berasal dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an juga pedoman serta petunjuk seluruh umat manusia semua masa. Al-Qur’an juga kitab Allah SWT yang terakhir setelah kitab Taurat,  Zabur dan Injil. Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala yang berlipat ganda bagi yang membaca dan mengamalkannya , dapat digunakan untuk dasar pedoman kehidupan manusia dan pembaca Al-Qur’an akan mendapat kedudukan yang tinggi sebagaimana Rosulullah bersabda:

”Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia.  Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR.AHMAD) 

Lalu mari kita coba bandingkan keutamaan membaca Al-Qur’an dengan paragraf ini!

    Boyband dan Girlband Korea atau disebut juga K-POP yang sedang viral belakangan ini dan menjadi mayoritas tontonan anak-anak remaja jaman sekarang. Ternyata K-POP juga mempunyai pengaruh buruk bagi masyarakat dan anak-anak remaja. Ini dua diantaranya pengaruh buruk K-POP bagi masyarakat Indonesia:

1. Mengikuti gaya hidup artis K-POP dan masyarakat disana

Mengikuti berbagai hal yang dilakukan oleh sang idola adalah hal yang wajar dilakukan oleh fans K-POP. Mengikuti inilah yang terkadang menjadi penyebab gaya hidup konsumtif dalam masyarakat. Tentu saja ini berdampak negatif karena tidak semua yang diikutin dari sang idola K-POP  sesuai dengan budaya kita yang memiliki norma dan aturan.

2. Lebih mencintai musik K-POP daripada musik dalam negeri atau musik Indonesia

Masuknya musik K-POP ke Indonesia bisa menggeserkan kedudukan musik tanah air, sehingga rasa cinta terhadap musik Indonesia sendiri juga akan berkurang.

       Setelah dibandingkan ternyata lebih baik dan asyik menghafal dan membaca Al-Qur’an daripada menghafal dan menonton lagu K-POP. Menghafal Al-Qur’an dan membacanya bisa mendapatkan pahala dari Allah. Tetapi bukan melarang untuk mengidolakan artis K-POP, hanya dibatasi agar tidak berlebihan dan tetap menjunjung tinggi budaya bangsa Indonesia, seperti yang Allah firmankan: ”Kami akan mengujikamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.”(QS.Al-Anbiya’:35).

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan hikmah untuk semua orang.

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT