SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

SISWA SD MUH. AL MUJAHIDIN WONOSARI RAIH PENGHARGAAN INTERNASIONAL

Rabu, 26 September 2018 ~ Oleh meidia ~ Dilihat 34 Kali

 

Oleh: Drs. Andar Jumailan, M.M.

Kepala SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari

 

Shabiha Noor Aziza binti Nuryanto Ruadi, siswa kelas 6 dan Maqreta Surya Ningtyas binti Paimin, kelas 5 akhirnya berhasil menyabet medali perunggu event The 5th IYIA (International Young Inventors Award) 2018 yang berlangsung tanggal 19-22 September 2018, di Grand Inna Garuda Hotel, Denpasar, Bali.

IYIA merupakan ajang penghargaan bagi peneliti muda yang mampu berkreasi dalam penemuan baru bidang teknologi, sains, sosial dan kesehatan. Event yang digelar setahun sekali ini diikuti oleh 304 tim terdiri dari 159 tim Indonesia dan 145 tim dari 15 negara antara lain Polandia, Rusia, Thailand, Malaysia, Singapura, Hongkong, Jordania, China, Jepang, dll.

Dalam event tersebut tim KIR SD Muhammadiyah Al Mujahidin merupakan satu-satunya peserta dari Sekolah Dasar Indonesia. Judul penelitian yang disuguhkan adalah "Brownies Scala (sweet cassava low calorie) Solution Healthy Food for Obese People". Tyas dan Azizah mampu mempresentasikan dengan jelas kepada tim juri dari Thailand dan Malaysia serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukannya meski dalam bahasa Inggris yang sedikit terbata-bata.

Inovasi brownies yang berbahan dasar ketela ini diharapkan menjadi alternatif pilihan makanan sehat khususnya bagi penderita obesitas, diabetes dan mereka yang diet kalori. Penelitian ini juga mampu mengangkat ketela yang merupakan produk unggulan petani Gunungkidul. Selama ini ketela memiliki nilai ekonomi rendah, dengan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan brownies maka nilai ketela akan sejajar dengan gandum bahkan memiliki nilai lebih tinggi khususnya untuk brownies low kalori.

Semoga penelitian yang dihasilkan peneliti muda SD Muh. Al Mujahidin ini senantiasa memberikan manfaat untuk kehidupan manusia dan lingkungan.


Diucapkan jazakumullah Khoiron katsiiran atas doa restu bapak/ibu semua, semoga Allah SWT senantiasa membalasnya dengan segala kebaikan.

 

Berani Disini Berani Berprestasi

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT