SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sabtu, 22 September 2018 ~ Oleh meidia ~ Dilihat 24 Kali

 

 

Oleh: Ninik Widyawati, S.Pd.

Guru SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari

 

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Negara kita. Maka tidak heran dari tingkat SD sampai dengan Universitas, mata pelajaran Bahasa Indonesia selalu kita jumpai. Tujuan dari pembelajaran Bahasa Indonesia sendiri adalah bahasa Indonesia dapat digunakan sesuai dengan aturan ataupun Ejaan Yang Disempurnakan serta logika yang benar. Selain itu siswa  diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik sesuai dengan konteks dan maksudnya tersampaikan.

Di sinilah hakikat dari fungsi bahasa. Pendidikan bahasa Indonesia tidak lagi berorientasi pada proses. Bukan hanya tugas guru Bahasa Indonesia, tetapi semua guru harus memperhatikan bahasa yang digunakan para siswanya dalam setiap pembelajaran, baik saat bertanya, mengemukakan perdapat, mengkritik, dan menerima pernyataan. Oleh karena itu, pendidikan bahasa harus terintegrasi  dengan mata pelajaran lainnya.

Mengintegrasi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pembelajaran lainya tidak boleh asal. Karena pembelajaran harus dikaitkan dengan perilaku siswa yaitu sopan satun. Kemudian hal itu tidak dapat terlepas dari nilai-nilai agama.

Seorang guru Bahasa Indonesia dikatakan berhasil dalam pembelajarannya, jika berhasil menggabungkan bahasan pembelajaran dengan nilai agama. Misalnya membaca. Guru dapat memilih naskah yang bermuatan nilai keagamaan. Selain itu dalam pembelajaran karya sastra. Contohnya memilih puisi yang memiliki nilai-nilai keagamaan, sehingga siswa dapat mengambil nilai yang terkandung dalam setiap kata dalam wacana ataupun puisi tersebut.

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT