SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Berani di Sini Berani Berprestasi

Rabu, 12 September 2018 ~ Oleh meidia ~ Dilihat 8 Kali

Oleh: Iis Zainatun, S.Pd

Guru SD Muhammadiyah Al Mujahidin

 

“Berani disini berani berprestasi”, motivasi yang sering digunakan oleh SD Muhammadiyah Al Mujahidin untuk memberikan semangat kepada anak. Slogan tersebut sangat dalam artinya, dimana secara tidak langsung memberikan semangat kepada anak untuk selalu mencetak prestasi, prestasi akademik maupun non akademik. Motivasi dan apresiasi harus terus diberikan kepada anak atas segala pencapaiannya.

          Menurut Woodwort (1995) dalam Wina Sanjaya (2010:250) bahwa suatu motife adalah suatu set yang dapat membuat individu melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Dengan demikian motivasi adalah dorongan yang dapat menimbulkan perilaku tertentu yang terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu. Perilaku atau tindakan yang ditunjukkan seseorang dalam upaya mencapai tujuan tertentu sangat tergantung dari motive yang dimiliknya. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Arden (1957) dalam Wina Sanjaya (2010:250) bahwa kuat lemahnya atau semangat tidaknya usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan akan ditentukan oleh kuat lemahnya motive yang dimiliki orang tersebut.   

     Motife atau motivasi masing-masing anak berbeda, hal ini dipengerahui oleh beberapa faktor. Faktor intern maupun ekstern, faktor dari dalam salah satu contohnya adalah dari keluarga. Dorongan dari dalam keluarga itu sangat penting sekali. Sebagian besar waktu anak adalah berada didalam keluarga, semangat dan kebiasaan anak akan diperoleh didalam keluarga. Anak akan mempunyai kebiasaan yang baik karena didalam keluarganya terdapat norma-norma dan semangat dari orang tua. Faktor ekstern, yaitu faktor dari luar.Bisa dicontohkan faktor ini berasal dari sekolah. Setelah anak mendapatkan motive yang baik dari keluarga maka akan berdampak positif di sekolah. Semangat belajar anak meningkat dan semangat mencetak prestasi di sekolah. Sinergi pendidikan anak dirumah dan disekolah akan meningkatkan semangat anak dalam belajar untuk mencapai prestasi.

Referensi Penulis: Amna Emda. 2017.Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196

 

Sumber: Majalah "Mumtazah" Edisi Bulan Agustus 2018

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT