SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Kegiatan Positifku Selama Pandemi

Sabtu, 03 Oktober 2020 ~ Oleh Meidiafithri ~ Dilihat 73 Kali

 

 

Oleh: Alifah Az Zahra

Siswi Kelas VI Smart SD Muh. Al Mujahidin 

Pandemi Covid 19 atau virus Corona  telah mengubah aktivitas sehari-hari kita. Banyak karyawan yang harus work from home WFH dikala pandemi. Selain karyawan yang harus bekerja dirumah anak anak sekolah juga harus belajar dirumah atau BDR. Mungkin bagi beberapa orang ada yang merasa jenuh karena hanya bisa berdiam diri di rumah, tapi banyak juga lho hal positif yang bisa kita lakukan disaat pandemi.

1. Bercocok tanam

Kegiatan ini bermula sejak awal pandemi, ibu susah untuk berbelanja sayur. Kami berpikir bagaimana caranya mendapatkan sayuran segar tanpa harus kewarung atau ke pasar untuk membelinya. Munculah sebuah ide untuk bercocok tanam sendiri dirumah. Tepatnya diawal tahun ajaran baru kami sekeluarga sepakat untuk menanam sayuran dirumah.

Banyak yang bisa dipelajari dari kegiatan menanam, salah satunya adalah belajar keteraturan. Karena kalau kita tidak teratur merawat tanaman kita maka tanaman kita tidak akan tumbuh dengan baik. Contohnya kalau kita tidak teratur menyiram tanaman kita, maka tanaman kita akan layu, apalagi disaat musim kemarau seperti ini. Kalau kita tidak teratur memupuk tanaman kita maka tanaman kita tidak akan tumbuh dengan subur. Di saat menanam kita juga bisa menentukan pupuk yang kita gunakan apakah organic atau pupuk anorganik. Kita bisa memanen tanaman yang kita tanam dengan kualitas yang terjamin dan pastinya terhindar dari pestisida.

Selain dengan menggunakan polybag kami juga menerapkan metode aquaponik. Aquaponik adalah metode menanam diatas air kemudian dibawahnya digunakan untuk memelihara ikan. Dengan metode aquaponik kita tidak butuh pupuk karena tanaman mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan dan sisa pakan ikan. Metode ini kami terapkan pada tanaman kangkung.

2. Berternak

Jika kita bisa memperoleh sayuran dari bercocok tanam, kita juga bisa mendapatkan bahan makanan lain dengan cara berternak. Disaat kami harus belajar dirumah, orang tuaku mengajari kami  untuk beternak, karena dengan berternak dapat melatih rasa tanggung jawab kami. Selain itu juga belajar disiplin dan menghargai waktu. Dari hewan yang kami pelihara, kami bisa memperoleh dagingnya, telurnya, juga air seni dan kotoran hewan yang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organic untuk tanaman kita.

3. Belajar dan Mengaji bersama adik adik

Kegiatan BDR menjadi salah satu momen untuk lebih akrab dengan adik adikku, disaat ayah dan ibuku bekerja kami bertiga belajar dan mengaji bersama, kegiatan ini sudah masuk dijadwal baruku, setiap hari mulai dari jam 8 sampai jam 9 kami belajar dan mengaji bersama. Alhamdulillah saya berusaha membagi ilmu yang sudah saya peroleh dari ustadz dan ustazahku di sekolah untuk adik adikku yang masih duduk di Taman kanak Kanak dan Kelompok Bermain.

Selain bercocok tanam, berternak, belajar dan mengaji bersama kita juga harus tetap menjaga komunikasi dengan semua orang. Menjaga komunikasi menurut saya adalah hal yang harus di terapkan dimasa pandemi ini. Karena dimasa pandemi pertemuan kita dengan orang-orang terdekat juga terhalang, maka kita bisa memanfaatkan kemajuan tehnologi untuk berkomunikasi dengan keluarga kita yang jauh atau tinggal dikota lain.

Terakhir tetap patuhi protocol kesehatan, rajin berolahraga, pakai masker kalau berpergian, jaga jarak, dan selalu bawa hand sanitizer ya teman-teman...

Demikian ceritaku tentang kegiatan yang kulakukan selama pandemi.. semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman semua ya...

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT