SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Peresmian Kantor Layanan (KL) LAZISMU SD Muh. Al Mujahidin

Jum'at, 04 September 2020 ~ Oleh Meidiafithri ~ Dilihat 132 Kali

 

LAZISMU, Lembaga Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah adalah lembaga  amil  zakat nasional yang senantiasa  berkomitmen  memberikan layanan yang terbaik dan meningkatkan program pendayagunaan yang tepat sasaran. Muhammadiyah khususnya warganya memiliki potensi untuk menunaikan zakat, dan kegiatan berbagi yang di lakukan juga dengan berinfak dan bersedekah. Lazismu dalam hal ini memiliki program yang secara nasional dilakukan baik yang sifatnya pemberdayaan dan karitatif.

Mengambil kandungan dari Q.S. Al Imron:104 yang artinya:

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS Al Imron: 104)

Berdasarkan ayat tersebut, SD Muh. Al Mujahidin sebagai amal usaha Muhammadiyah berjalan untuk kepentingan dakwah, dengan memiliki sumber pendanaan yang beragam maka dakwah bisa semakin maksimal. Wali murid SD Muh. Al Mujahidin potensial untuk diberdayakan sebagai muzakki. Pemberdayaan muzakki akan lebih optimal bila sekolah memiliki Kantor Layanan (KL) LAZISMU. Maka dari itulah, perlu dibentuk KL LAZISMU SD Muh. Al Mujahidin.

Pembentukan KL LAZISMU SD Muh. Al Mujahidin bertujuan untuk memberdayakan peran wali murid SD Muh. Al Mujahidin dalam dakwah, memberikan alternatif tempat menunaikan zakat, infaq, dan sodaqoh, memberikan landasan syar’i kepada sekolah dalam pengumpulan dan pentasarufan ZIS (Zakat, Infaq, Sadaqah), memperluas peran sekolah dalam membantu sekolah-sekolah Muhammadiyah yang lain serta memperluas gerakan dakwah yang dilakukan sekolah.

Setelah dilakukan beberapa tahapan pendirian, yakni koordinasi dengan LAZISMU Daerah Gunungkidul, pembahasan prinsip (Rapat perangkat sekolah, ketua komite dengan mengundang narasumber ketua LAZISMU Daerah Gunungkidul), penyusunan pengurus, permohonan pengesahan ke LAZISMU Daerah, syukur alhamdulillah berkat rahmat Allah KL LAZISMU SD Muh. Al Mujahidin dapat diresmikan pada Senin, 31 Agustus 2020 lalu. Ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua PDM Kab. Gunungkidul, Bp. Drs. Sadmonodadi, M.A. Tim pengurus LAZISMU juga telah disahkan oleh ketua LAZISMU Daerah Kab. Gunungkidul, Bp. Wahyudiono, M.Pd.I, yang meliputi Penanggung jawab, Dewan Pengawas, Dewan Syariah, Kepala Kantor, Divisi Administrasi, Divisi KEuangan, Divisi Fundrising, dan Divisi Pentasyarufan.

KL LAZISMU SD Muh. Al Mujahidin ini diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya wali murid SD Muh. Al Mujahidin dapat lebih diberdayakan sebagai subyek dan obyek dakwah, wali murid, guru, karyawan memiliki alternatif tempat untuk menunaikan ZIS, sekolah memiliki landasan syar’i dalam pengumpulan dan pentasarufan ZIS, sekolah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas bantuan ke sekolah Muhammadiyah yang lain dan sekolah dapat melakukan gerakan dakwah lebih luas.

 

menebar manfaat untuk sesama

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT