SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Kunjungan Industri Kelas Entrepreneur yang Mengedukasi

Jum'at, 21 Februari 2020 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 158 Kali

 

Salah satu program yang dikembangkan kelas peminatan SD Muh. Al Mujahidin adalah "Kunjungan Industri". Program ini dikembangkan oleh kelas peminatan Entrepreneur (Excellent). Kunjungan industri yang pertama dilakukan oleh kelas V Excellent ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah secara berkelompok menuju ke sebuah lokasi di luar lingkungan belajar siswa yang biasanya hanya dilakukan di sekolah. 

Kali ini kelas V Excellent melakukan kunjungan industri "Penggorengan Udang" di Rumah Makan Naela, Kawasan Pantai Krakal, Kab. Gunungkidul. Diikuti oleh 29 siswa dan 2 pendamping, yakni Ustdz. Esti dan Ust. Jamhari. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing diberi tugas yang berbeda. Seperti Kelompok 1 mengobservasi mengenai cara mendapatkan ikan-ikan yang diproduksi. kelompok 2 bertugas meninjau proses produksi, kelompok 3 belajar mengenai proses packing atau pengemasan yang benar, dan kelompok 4 mendalami mengenai proses pemasaran. Setelah tugas tersebut dilaksanakan, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil observasinya masing-masing didepan siswa/i yang lain.

Seluruh siswa/i sangat antusias mengikuti kegiatan Kunjungan Industri yang baru dilakukan pertama kali ini. Berangkat dari sekolah pukul 07.30 dan tiba kembali di sekolah pukul 13.30. Selain banyak ilmu dan pengalaman yang bisa diambil, siswa/i juga bisa refreshing menikmati sejuknya suasana pantai.

Adapun tujuan dari kunjungan industri ke tempat Penggorengan Udang ini, selain siswa/i kelas V Entrepreneur dapat belajar secara langsung mengenai supply bahan baku, proses produksi, proses pengemasan sampai proses pemasaran, kegiatan yang dilakukan ini juga dapat menumbuhkan jiwa entrepereneur yang tinggi, sikap kerjasama, percaya diri, dan saling menolong secara berkelompok.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT