SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Sosialisasi Merebaknya Demam Berdarah oleh Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul

Rabu, 05 Februari 2020 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 428 Kali

 

DB (Demam Berdarah) merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Setiap tahunnya, masih banyak masyarakat di negara tropis seperti Indonesia yang terkena penyakit demam berdarah terlebih di saat memasuki musim penghujan. Tapi, demam berdarah sebenarnya bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Pencegahan bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Disinilah pentingnya pemberian informasi mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

Dan hari ini, Rabu 5 Februari 2020 Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul mengadakan sosialisasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit Demam Berdarah di SD Muh. Al Mujahidin. Dengan narasumber Bp. Sumitro, dari bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Gunungkidul. Peserta sosialisasi kali ini adalah 30 guru kelas, yang kemudian informasinya akan disampaikan kepada siswa-siswi di setiap kelasnya.

Beberapa hal yang disampaikan melalui sosialisasi ini diantaranya mengenai tanda-tanda penderita DB, sikap yang harus dilakukan jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena DB, penyebab DB, proses penularan DB, objek yang beresiko tertular DB, tempat potensial bagi penularan DB, ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti, tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti, dan yang paling penting adalah bagaimana upaya yang tepat dalam pencegahan penyakit DB.

Melalui informasi yang diperoleh, diharapkan peserta sosialisasi mengerti dan memiliki bekal ilmu dalam menanggulangi dan mencegah bahaya penyakit DB.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT