SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Rajut dan Kuatkan dengan Pembiasaan (Tolong, Maaf, TerimaKasih)  

Jum'at, 24 Januari 2020 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 187 Kali

 

Oleh: Mita Gustamiyosi, S.Pd.

Guru SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari 

 

Kata tolong, maaf, dan terimakasih tentu sudah sering kita dengar dan ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Betapa ajaibnya kata tolong, maaf, dan terimakasih ini. Mengapa ajaib? Ya, saat kata-kata tersebut biasa kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan sopan dan penuh ketulusan, maka hati akan terasa lebih tentram.

Lalu, bagaimana kita membelajarkan anak-anak agar kata-kata tersebut tertanam dengan baik dalam sikap mereka?

Tentu kita sudah memahami betul bahwasanya anak didik usia sekolah dasar merupakan peniru yang handal. Mereka akan dengan mudah meniru ucapan dan tingkah laku yang dijumpai dalam keseharian mereka. Sebagai langkah awal, kita bisa mulai dengan menjelaskan makna ucapan tolong, maaf, dan terimakasih. Jelaskan kalau ucapan tolong menunjukkan sikap sopan saat akan meminta bantuan, ucapan maaf sebagai bentuk kesadaran kalau kita pasti pernah melakukan kesalahan atau dosa, dan ucapan terimakasih merupakan balasan terbaik sekaligus bentuk penghargaan pada orang lain yang telah membantu atau menolong kita. Rajutlah dalam diri anak makna ucapan-ucapan tersebut. Setelah itu, barulah kita kuatkan dengan membiasakannya melalui praktik sehari-hari.

Saat proses membelajarkan anak, jangan pernah bosan untuk:

° Mengajarkan berulang-ulang dan memberi contoh

Dengan mengajarkan berulang-ulang, akan menjadikan anak terbiasa. Sedangkan dengan memberikan contoh, akan sangat membantu pemahaman anak. Karena saat kita hanya mengajarkan kepada anak dan tidak memberikan contoh, anak akan cepat dan mudah protes.

° Mengajak berinteraksi langsung

Berinteraksi langsung sangat efektif membuat anak terbiasa mengucapkan tolong, maaf, maupun terimakasih. Contoh interaksi langsung yang dapat dipraktikkan, saat kita minta tolong pada anak untuk mengambilkan suatu barang yang kita butuhkan, setelah diambilkan kita harus ucapkan terimakasih pada anak.

Saat anak sudah terbiasa dengan ucapan tolong, maaf, dan terimakasih mereka juga akan banyak belajar tentang:

° Menghargai orang lain yang ada disekitarnya

° Bertanggungjawab dengan apa yang telah dilakukan

° Motivasi untuk selalu berbuat baik

° Menyenangkan dan menentramkan hati

 

Terus semangat dalam membelajarkan anak-anak !

Allah senantiasa membimbing. Aamiin.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT