SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

"Market Day" Menjadi Media Siswa untuk Belajar Entrepreneurship

Sabtu, 02 Nopember 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 50 Kali

 

Pagi itu suasana cerah ceria, menggambarkan hati siswa siswi SD Muh. Al Mujahidin yang juga bergembira tanpa kemurungan. Jumat, 1 November 2019, ada keriuhan di SD Muh. Al Mujahidin Wonosari. Seluruh warga sekolah, termasuk siswa, guru dan karyawan berpartisipasi dalam kegiatan Market Day tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh SD Muh. Al Mujahidin setelah kegiatan Market Day pertama dilaksanakan pada tahun lalu di tahun 2018.

Peserta market day (Penjual) kali ini adalah siswa-siswi dari kelas 3 sampai kelas 6. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk guru dan karyawan. Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia. Kali ini ada 3 blok market day di SD Muh. Al Mujahidin, blok A berlokasi di depan ruang kelas 1 dan 2 yang ditempati pedagang-pedagang dari kelas 4 Excellent, 4 Brilliant, 4 Olympiad dan 4 Smart. Blok B, berlokasi di lapangan barat sekolah, tepatnya di belakang ruang kelas 1, blok ini ditempati oleh pedagang-pedagang dari kelas 3 Excellent, 6 Excellent, 6 Brilliant, 6 Olympiad dan 6 Smart. Dan Blok yang terakhir yakni blok C berlokasi di lantai 2 di daerah asrama boarding, ditempati oleh pedagang-pedagang dari kelas 5 Excellent, 5 Brilliant, 5 Olympiad dan 5 Smart.

Sehari sebelumnya, anak-anak dengan dibantu oleh orang tua mereka membuat atau membeli barang-barang yang akan dijual pada kegiatan market day ini. Dalam hal ini terjadi kolaborasi dan kerja sama serta komunikasi antara anak-anak dengan orang tua mereka. Barang-barang yang dapat dijual dalam kegiatan market day ini adalah aneka jenis makanan dan minuman yang kekinian, aksesories, dan hasil karya siswa siswi. "Harga Murah Barang Mewah, Anda Senang Kami Pun Riang", itulah salah satu slogan yang dikampanyekan oleh salah satu pedagang untuk menarik para pembeli. Para siswa begitu kreatif menjajakan dagangan mereka, membuat daftar menu dan menyusun barang dagangan dengan apik.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Kegiatan market day ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini.  

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT