SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Serunya Outbond Kelas 2 SD Muh. Al Mujahidin

Kamis, 26 September 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 130 Kali

 

           Alhamdulillah kegiatan outbound yang dilaksanakan pada Rabu 18 September 2019 telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan outbound ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilaksanakan sebagai upaya refreshing bagi anak sekaligus upaya membangun kekompakan anak. Outbond ini bertempat di Taman Hutan Raya Bunder dan diikuti sekitar 133 siswa kelas 2 yang terdiri dari 2 Champion, Brilliant, Excellent, Olympiad, dan Smart.

Kegiatan ini dimulai sejak pagi pukul 7-12 siang. Anak-anak berangkat dari sekolah menggunakan bus yang sudah dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelas terdiri dari tiga kelompok yang berbeda sesuai dengan warna pita yang telah disematkan di pergelangan tangan. Warna pita yang sama dari masing-masing kelas bergabung sesuai dengan kelompok yang merupakan teman satu tim ketika melaksanakan permainan di Tahura. Anak-anak tampak sangat antusias mengikuti kegiatan outbound ini, tampak dari senyum dan tingkah laku mereka yang bersemangat. Masing-masing dari warna pita di dampingi oleh para ustadzah ketika bermain di area outbound Tahura.

Permainan outbound terbagi menjadi 5 pos yang berbeda. Pos pertama yaitu merayap dan melompat. Pos satu ini bertujuan untuk melihat ketangkasan anak dan melatih gerak lokomotor anak. Di dalam pos satu ini anak dibariskan sesuai dengan kelas menurut warna pita. Setelah itu anak di kompetisikan untuk adu cepat sampai ke garis finish. Selanjutnya di Pos kedua adalah permainan estafet bola. Model permainan pada pos ini adalah dengan menalikan potongan botol air minum dikepala kemudian anak berbaris untuk mengestafetkan bola yang ada di kepala kepada teman lain. Tujuan dari permainan ini adalah kerjasama dan kekompakan tim. Pos ketiga adalah membawa bola pada baskom yang dibawa menggunakan tali. Pada permainan ini cukup menyita konsentrasi anak, dimana anak harus fokus berlajan bersama tim dengan tetap menarik tali rafia agar baskom yang berisi bola tidak jatuh. Permainan ini menguji kekompakan dan ketangkasan anak. Selanjutnya pos keempat adalah estafet air dan meniup bola. Pada permainan kali ini anak dibariskan sesuai kelompok setelah itu anak membawa gelas berisi air untuk mengisi gelas di ujung garis finish kemudian meniup bola agar bergeser ke gelas selanjutnya. Permainan ini menguji konsentrasi anak dan kesabaran karena meniup bola harus benar-benar dengan tiupan bukan dorongan dengan mulut. Banyak anak yang mengeluh kesusahan ketika meniup bola, namun wajah antusias tampak dari muka mereka yang sumringah. Terakhir di pos lima ada permainan estafet air dengan pipa paralon. Permainan ini cukup membuat lengan anak-anak basah terkena guyuran air. Anak-anak sangat senang dengan permainan ini karena permainan ini mengharuskan anak memutar otak untuk menemukan taktik jitu mengahalau air agar tidak tumpah. Berbagai macam ide muncul saat permainan  ini, mulai dari berganti-gantian kapten dan berganti model memegang paralon. Permainan ini bertujuan untuk memunculkan ide kreatif anak ketika menemui hambatan.

Setelah semua pos terlalui kemudian anak dikumpulkan di pendopo untuk makan siang. Kemudian anak dibariskan untuk ditanya bagaimana kesan dan pesan kegiatan outbound hari ini. Anak-anak berkesan bahwa outbound sangat menyenangkan dan membuat mereka lebih fresh. Sedangkan untuk pesan outbound selanjutnya yaitu tantangan dalam permainan harus lebih menantang agar lebih seru. Selanjutnya setelah dikoordinasi kemudian anak bergegas menuju bus masing-masing dan melakukan perjalanan pulang.

 

Reporter: Sizka Ayu A, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT