SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Outing Class 4 - Berpetualang dan Belajar di Luar Kelas

Selasa, 24 September 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 132 Kali

 

            Pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas, karena dapat menimbulkan kejenuhan pada siswa. Oleh karena itu, SD Muh. Al Mujahidin mempunyai program rutin sebagai upaya untuk menjadikan pembeljaran lebih menyenangkan dan bermakna yaitu mengadakan kegiatan outing class.

            Outing class kelas 4 SD Muh. Al Mujahidin Wonosari tahun pelajaran 2019/2020 telah diadakan pada hari Rabu, 18 September 2019. Kegiatan ini dilaksanakan setelah siswa mengikuti mengikuti kegiatan PKLS (Pekan Kreativitas dan Lomba Siswa) sehingga diharapkan dapjat me-refresh pikiran anak dan membuat perasaan anak menjadi lebih senang.

            Outing class ini diikuti oleh semua siswa kelas 4 EBOS SD Muh. Al Mujahidin Wonosari dengan mengunjungi berbagai tempat edu-wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Museum Dirgantara Mandala, Museum Jogja Kembali (Monjali), dan Jogja Bay. Kegiatan diawali dengan pemberian arahan oleh kepala sekolah serta pendamping dan berangkat dari sekolah pukul 06.25.

            Tujuan pertama outing class 4 adalah Museum Dirgantara Mandala. Rombongan sampai di mudeum tersebut sekitar pukul 08.00. Sembari menunggu museum buka, siswa dan para pendamping berfoto bersama di depan replika pesawat tempur yang ada di depan museum. Di dalam museum, siswa mendapatkan pengetahuan baru mengenai berbagai tokoh sejarah serta diorama sejarah tentang Angkatan Udara Indonesia. Siswa juga dapat menemukan banyak replika pesawat tempur dalam berbagai bentuk dan warna. Setelah puas berkeliling, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Museum Jogja Kembali (Monjali).

            Monumen Jogja Kembali (Monjali) menambah rasa penasaran siswa karena bentuknya yang unik yaitu menyerupai tumpeng atau kerucut. Sampai di Monjali, siswa langsung diarahkan untuk menuju ruang serbaguna dan menonton film tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta. Selain menonton film, ada kuis yang diberikan oleh pemandu kepada siswa. Sehingga siswa  terlihat antusias dan senang karena beberapa siswa mendapatkan hadiah setelah menjawab kuis dari pendamping dengan benar. Setelah itu siswa menuju ruang diorama yang berisi replika peristiwa sejarah dan patung-patung tokoh nasional. Kunjungan di Monjali diakhiri dengan berdoa untuk para pahlawan. Setelah itu siswa menikamati makan siang dan sholat di mushola. Siswa juga belajar mengenai tatacara untuk sholat jamak qasar.

            Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jogja Bay. Pertama siswa menuju museum air dan belajar mengenai air dan manfaatnya. Di sana siswa juga melihat film tentang proses terbentuknya air, fungsi air, siklus air, dan sumber pengaliran air tersebesar di Yogyakarta yaitu Selokan Mataram. Setelah mengunjungi museum air, siswa menikmati berbagai wahana permainan air. Pada pukul 15.00, siswa berenang di pantai buatan dan ada ombak buatan juga. Siswa terlihat sangat gembira dan menikmati semua wahana yang ada. Siswa selesai bermain air pada pukul 16.00 dan langsung ganti baju serta menikmati jajanan di Jogja Bay. Pada pukul 17.00 rombongan melakukan perjalanan pulang dan sampai di sekolah pada pukul 18.20 dengan selamat.

           

 

Reporter: Fadzilah Dewi Subekti, S.Pd.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT