SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

"Short Term Culture and Education Program Beijing 2019" 30 Maret - 13 April 2019

Jum'at, 12 April 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 476 Kali

           

Oleh: Nofi Antari, S.Pd.

Guru SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari

           

           Saya mendapat mandat dari Bapak Kepala Sekolah mengikuti kegiatan Short Term Culture and Education Program Beijing 2019 dengan bertujuan untuk mempelajari budaya dan program pendidikan yang ada di Negeri China. Saya bergabung dengan rombongan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri dari ibu kepala sekolah, 1 guru dan 7 siswa serta 1 pemandu sekaligus penerjemah dari Chinalink Education Group. Pada hari Sabtu, pukul 00.05 saya dan rombongan meninggalkan Indonesia dari Jakarta menuju Hongkong – Beijing. Alhamdulillah perjalanan lancar dan sampai di Beijing pukul 12.00 waktu Beijing. Di Beijing waktunya lebih  cepat 1 jam dari waktu Indonesia.  Selama di Beijing, saya dan rombongan menginap di Beijing College of Finance of Commerce Dormitory (asrama mahasiswa). Fasilitas yang diberikan kepada sangat bagus, baik dari fasilitas penginapan maupun makannya. Kami makannya di kantin muslim, jadi saya tidak khawatir karena makanan yang disediakan semuanya halal.

            Sekarang ini di Beijing sedang mengalami awal musim semi. Walaupun awal musim semi, udara masih terasa sangat dingin. Setiap pagi hari, suhu udara mencapai 2 – 7 derajat Celcius dan siang hari berkisar 17 derajat Celcius. Setiap keluar asrama harus berpakaian tebal dan berkaos tangan. Pada musim semi ini bisa menikmati tumbuhnya bunga-bunga yang sangat indah dari ranting-ranting yang terlihat sudah mati. Subhanallah ini membuktikan keagungan Allah SWT, atas kehendak-Nya pohon-pohon itu bisa bertahan hidup walaupun hampir 6 bulan seperti pohon yang sudah mati karena hanya terlihat batang dan ranting yang kering.

            Selama di  Beijing, saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di Beijing College of Finance of Commerce Couyang Campus (setara dengan SMA), Beijing No. 39 Middle School (SMP dan SMA) dan Beijing College of Finance of Commerce Thongzhou Campus (Universitas). Materi yang dipelajari adalah :

  1. Chinese Language Programme: pelafalan kalimat perkenalan, kalimat sapaan dan pelafalan angka dalam Bahasa Mandarin
  2. Chinese Calligraphy: menulis huruf kanji
  3. Outdoor Sport Activity: olahraga
  4. Chinese Culture Beijing Opera: memperkenalkan opera dan tokoh serta teknik bermain opera serta pakaian adat China
  5. Operator Face Printing Chinese Culture Hanfu: mewarnai topeng
  6. Chinese Tea Culture: cara menyajikan teh
  7. Culture Exchange: menari
  8. The Art of Decorating Ceramics: menghias keramik
  9. Jianzhi: seni menggunting kertas

Selain mengikuti pembelajaran di kelas, saya dan rombongan juga mengunjungi beberapa obyek wisata dan tempat bersejarah yang ada di Beijing yaitu Qianmen, Tiananmen Square, Forbidden City, Masjid Niujie, Museum Mei Lan Fang, Museum Guo Moruo, Beijing Art 798 Art Zone, Tembok Besar China dan Stadion Nasional Beijing.

                Selama 12 hari di Beijing,  bisa saya amati orang China memiliki : etos kerja yang sangat tinggi, tingginya rasa nasionalisme, budaya tertib dan disiplin. Kemudian dilihat dari sarana dan prasarana memang lebih maju dibandingkan di negara kita. Di negara China banyak bangunan-bangunan yang sangat tinggi, tersedianya armada kereta api bawah tanah, armada bus yang panjangnya 2 kali lipat, tersedianya peralatan olahraga di trotoar jalan, sistem pembayaran dengan menggunakan kartu atau aplikasi hp, membuka pintu dan shower dengan kartu. Luar biasa di sana sudah sangat canggih dalam hal teknologi.

                Alhamdulillah saya bersama rombongan kembali ke tanah air dalam kedaan sehat wal afiat dan tiba di Bandara Adi Sucipto hari Jumat, 12 April 2019 pukul 06.55. Inilah cerita singkat perjalanan selama saya di Beijing, semoga bisa memacu kita untuk selalu berfastabiqul khairat.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT