SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Hari Musik Nasional

Sabtu, 09 Maret 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 406 Kali

 

Oleh: Desi, S.Pd.

Guru SD MUhammadiyah Al Mujahidin Wonosari

 

Hari ini, Sabtu 9 Maret 2019 masyarakat Tanah Air merayakan Hari Musik Nasional (HMN). Hari Musik Nasional sendiri memang diperingati setiap tanggal 9 Maret, sesuai dengan apa yang telah direncanakan sejak tahun 2003 lalu dimana era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Seiring berjalannya waktu sampai satu dekade, barulah Hari Musik Nasional dapat diresmikan oleh Presiden keenam Indonesia yakni Susilo Bambang Yudhoyono dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Kendati demikian sebelum membahas terlalu jauh soal Hari Musik Nasional, kita tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa sih tujuan ditetapkannya Hari Musik Nasional setiap tanggal 9 Maret?

Tujuan diadakannya Hari Musik Nasional ini adalah untuk menghargai karya-karya musik anak bangsa serta menunjukkan rasa hormat dan rasa memiliki karya musik bangsa sendiri. Ini tentunya merupakan upaya mulia terhadap musik Indonesia terutama khazanah musik Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya dari era terdahulu hingga sekarang.

Sementara itu, mengapa tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional? tentu ada alasan kuat didalamnya yakni tak lain adalah hari lahir dari sang pencipta lagu Indonesia Raya yakni Wage Rudolf Supratman. Beliau pada akhirnya dianugerahkan sebagai salah satu pahlawan Indonesia lantaran jasanya menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang setia kita kumandangkan sampai dengan saat ini.

Menurut saya, musik sendiri sebenarnya adalah wadah untuk mengekspresikan perasaan, pesan, amanat, pembelajaran, dan mengenang suatu kejadian/peristiwa yang dapat dinikmati banyak orang. Dengan musik anak-anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan perasaan dan gagasan mereka dengan cara menari, menyanyikan lagu dengan bergerak mengikuti suara musik. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa musik merupakan hal yang penting untuk seseorang terutama anak-anak yang masih senang bergerak bebas dan bermain. Karena pentingnya musik bagi kehidupan  terutama anak-anak, maka perlu dikembangkan kecerdasan musikalnya agar kecerdasan yang lain lebih mudah untuk dikembangkan secara optimal. Maka dari itu Momentum Hari Musik Nasional inilah yang tepat dipergunakan untuk anak-anak berkreasi, menginspirasi, dan termotivasi dalam membuat karya, meciptakan karya musik asli serta memperkenalkan karya dalam setiap daerahnya dikalangan publik .

 

Reporter: Ida Desi Nuriyati, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT