SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Gizi Seimbang Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 26 Februari 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 463 Kali

 

Oleh: Nur Hudiyani, S.Pd.

Orang Tua dari Septian Wahyu Ramadhan, Kelas 6 Smart

 

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

 

      Anak merupakan amanah yang harus kita jaga dan kita hantarkan untuk menggapai cita-cita dan tujuan di masa depan. Dari Beberapa elemen yang menjadi penting dari keberhasilan anak adalah faktor keluarga, di samping faktor pendidikan dan lingkungan.  Keluarga dikatakan penting, karena dari keluarga itulah anak akan dipersiapkan bekal makanan atau asupan yang bergizi sebagai penunjang tumbuh dan berkembangnya anak, sehingga anak akan sehat secara jasmani maupun rohani. Lalu, asupan makanan apa saja yang mengandung gizi seimbang, sebagai penunjang anak untuk tumbuh dan berkembang?

     Sebelum menjawabnya, mari kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari gizi seimbang secara umum, adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip. keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal (Wikipedia, Bahasa Indonesia). Dari pengertian tersebut diatas bahwa tubuh manusia memerlukan variasi makanan makanan dan minuman. Minuman berupa air putih yang cukup makanan dan minuman yang higienis, dan bergizi. Nah dengan demikian maka ada 4 prinsip dalam memenuhi kebutuhan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang (Kemenkes 2014), yaitu:

1. Mengkonsumsi makanan yang beragam

Makanan-makanan yang beragam dan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas air putih dalam sehari sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian makanan beragam itu apa saja:

  a. Makanan pokok seperti, nasi putih, nasi merah, kentang, jagung dan mungkin juga roti sebagai sumber karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas anak baik di sekolah maupun di rumah,

   b. Disamping nasi juga diperlukan lauk pauk yang mengandung protein tinggi seperti daging, telur, tempe, tahu, dan bahan lauk yang ada di sekitar tempat tinggal kita,

   c. Ditambah sayur-mayur seperti, sop sayur, asem dan kurangi mengkonsumsi sayuran yang berkuah santan, karena terlalu banyak konsumsi santan bisa menumpuk lemak yang berpotensi sebagai penyakit. Disediakan juga minimal buah pisang, pepaya, jeruk dan jenis buah-buahan yang di sekitar kita. Sebab sayur-mayur dan buah-buahan yang dikonsumsi merupakan sumber utama serat dan mikronutrien yang diperlukan di masa pertumbuhan dan perkembangan anak,

   d. Keluarga atau Ibu membiasakan anak untuk sarapan pagi dengan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang sebelum anak berangkat sekolah. Dilaksanakan sarapan pagi merupakan bekal penting bagi anak untuk mengawali berbagai aktivitas sehari-hari di sekolah maupun di rumah. Dengan demikian anak akan fresh dan semangat tidak mudah loyo dan malas dalam menerima dan menuntut ilmu di sekolah.

2. Membiasakan anak untuk PHBS

Setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, sehat dan bersih, membiasakan anak untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat juga penting. Membiasakan anak selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan apalagi anak selesai aktivitas dan selesai BAB dengan mencuci tangan pakai sabun minimal kuman yang menempel di tangan akan hilang.

3. Dukungan untuk melaksanakan olahraga yang rutin dan teratur

Olahraga yang rutin dan teratur yang dilakukan anak seperti senam pagi, basket, volley, taekwondo, tapak suci dan jenis lainnya akan membantu memperlancar sistem metabolisme pada tubuh. Olahraga yang rutin dan teratur bisa menyeimbangkan energi dari asupan makanan yang dimakan anak serta energi yang dikeluarkan oleh anak.

4. Memantau perkembangan berat badan anak

Bantuan ini dilakukan guna mengetahui perkembangan anak secara fisik yang ideal, setelah anak mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung gizi seimbang menerapkan PHBS  dan olahraga secara rutin dan teratur dengan mengetahui perkembangan fisik yang baik Insya Allah akan disertai tumbuh dan perkembangan anak secara mental dan spiritual.

         Dari uraian  tersebut di atas penulis mencoba untuk menyimpulkan bahwa:

  1. Asupan gizi yang seimbang berupa makanan pokok, sebagai sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai sumber protein, sayur mayur dan buah-buahan yang ada disekitar kita mengandung serat dan nutrient, didukung dengan pola hidup bersih dan sehat serta olahraga yang rutin dan teratur bisa menunjang anak untuk tumbuh dan berkembang.
  2. Sarapan pagi juga sangat penting untuk anak karena anak bisa memiliki sumber energi sehingga anak akan fresh dan semangat dalam mengikuti proses belajar.
  3. Mengurangi dan menghindari makanan makanan dan minuman minuman yang mengandung banyak lemak, makanan siap saji, makanan yang mengandung penyedap rasa, garam dan gula yang berlebihan, dikarenakan berpotensi menimbulkan penyakit.

     Demikianlah sedikit tulisan yang bisa saya tulis, Semoga bisa bermanfaat untuk penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Apabila ada betulnya dalam penulisan ini semata karena Allah SWT dan apabila banyak salah serta tata bahasa yang kurang pas hanya karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dari penulis.

 

Wassalaamualaikum 

Warahmatullahi Wabaraakatuh

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT