SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

Pengelolaan Manajemen Sekolah di SMAMDA Sidoarjo

Selasa, 29 Januari 2019 ~ Oleh Meidia Fithri ~ Dilihat 490 Kali

 

Oleh: Wigatiningsih, M.Pd.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Dipresentasikan dalam Forum Seminar Nasional

Diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Yogyakarta

Dalam Rangka Olimpiade Achmad Dahlam (OlympicAD) Perguruan Muhammadiyah se-DIY

Sabtu, 5 Januari 2019

 

     Tugas pimpinan sekolah adalah menemukan pola baru dan menggerakkan anggota untuk melaksanakannya, menggerakkan anggota untuk menemukan pola baru dan melaksanakannya serta meningkatkan dan mengembangkan Sekolah.

Sehingga visi dan misi Smamda Sidoarjo yang dibentuk bersama seluruh stakeholder yang terkait, adalah Smamda Sidoarjo Islami, unggul, dan Sinergi.

Dan visi-visiya adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran holistik berdasarkan nilai-nilai Islam;

2. Meningkatkan mutu sumber daya Insani yang mempunyai keunggulan moral intelektual dan profesional;

3. Menjadikan Smamda sebagai komunitas pembelajaran dan pusat pengembangan;

4. Mengimplementasikan sistem penjaminan mutu berstandar nasional dan internasional;

5. Mengembangkan pola kepemimpinan berparadigma TORSIE (Trust, Openest, Realization, Sinergi, Interdependence, and Empowering).

      Tujuan Smamda Sidoarjo adalah:

1. Mewujudkan warga sekolah yang mempunyai kekuatan aqidah Islamiyah kebenaran dalam beribadah sesuai syariat Islam dan berakhlak mulia;

2. Mewujudkan sumber daya Insani yang mempunyai keunggulan moral intelektual dan profesional;

3. Membentuk karakter dan mengembangkan kompetensi peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan kesiapan hidup di masyarakat;

4. Mewujudkan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebagai komunitas pembelajar dan pusat pengembangan pendidikan Muhammadiyah;

5. Mewujudkan manajemen sekolah yang didasarkan pada prinsip-prinsip; transparansi, partisipasi akuntabilitas, sustainable (keberlanjutan), ekuitas (keseimbangan) dan kejuruan;

6. Mewujudkan kepemimpinan pendidikan manajemen TORSIE (Trust, Openest, Realization, Sinergi, Interdependence, and Empowering).

        Mengingat kembali bahwa misi pendidikan Muhammadiyah adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang unggul dan berkemajuan;

2. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang holistik dan integratif yakni mengembangkan potensi akal hati dan keterampilan yang seimbang;

3. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang akuntabel dan inklusif;

4. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang didukung Iptek dan Imtaq.

    Pendidikan bermutu yang diharapkan masyarakat adalah yang bisa menjawab tuntutan masyarakat yaitu kemasannya harus menarik dan praktis, memberikan pelayanan sepenuh hati dan komunikasi , serta memberikan kecepatan kepastian waktu dan terukur.

Modal yang harus dipersiapkan menghadapi persaingan Global adalah pentingnya integritas bagi semua ekosistem pendidikan, kemampuan menghadapi perubahan, memberikan ide-ide  dan gagasan-gagasan baru untuk memecahkan masalah.

       Maka dari itu perlu adanya langkah-langkah yang strategis dalam pengembangan sekolah, yaitu melakukan evaluasi diri sekolah, penguatan tim work,mengembangkan kepemimpinan berparadigma TORSIE, menumbuhkembangkan karakter dan budaya mutu, memberikan beasiswa kepada siswa guru dan karyawan, menyebabkan virus N-Ach (Need for Achievement), melaksanakan tata kelola keuangan secara sehat, memberikan reward dan punishment, serta dapat memperkuat brand sekolah dengan menambah diferensiasi.

Jadi, mutu pelayanan itu terdiri dari customer service, customer satisfaction dan Trust.

Adapun faktor-faktor pendukung dalam pengelolaan manajemen sekolah, diantaranya:

1. Faktor Pendukung Internal

   a. Doktrin yang kuat untuk meningkatkan dan mengembangkan sekolah;

   b. Keinginan dan semangat yang sangat tinggi untuk membesarkan dan memajukan sekolah;

   c. Kerjasama tim sekolah;

   d. Fasilitas dan dana yang memadai;

   e. Aturan yang fungsional.

2. Faktor Pendukung Eksternal

   a. Kepercayaan dan dukungan dari persyarikatan Muhammadiyah;

   b. Kepercayaan dan dukungan pemerintah pusat dan daerah;

   c. Kepercayaan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya terhadap smamda Sidoarjo.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT