SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

INDAHNYA BUMIKU

Senin, 19 Juni 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 197 Kali

Nuryanto Ruaidi, M.Pd.)*

Wali Murid SD Muh. Al Mujahidin

Salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada manusia adalah dikaruniakan alam semesta yang sangat indah untuk kelangsungan hidup manusia dan dinikmati keindahannya. Maka kita harus bersyukur kepada-Nya dengan cara selalu beribadah dan melestarikannya sehingga bisa dinikmati oleh generasi  selanjutnya karena bumi yang kita tempati bukan hak kita tapi merupakan pinjaman dari generasi  masa depan.  

Salah satu keistimewaan manusia sebagai makhluk Allah adalah kemampuan mengolah, melestarikan dan mengembangkan alam semesta. Adapun cara  melestarikan adalah :

  1. Menebang pohon hanya yang sdh tua dan layak ditebang
  2. Menanam kembali pada tanah yang kosong (reboisai )
  3. Menambang alam dengan memperhatikan dampak lingkungan
  4. Membuang sampah pada tempatnya
  5. Dan lain lain

Seandainya kita mampu melakukan  hal diatas niscaya alam sekitar kita akan memberikan kemanfaatan buat kita karena sesungguhnya kerusakan alam yang paling banyak karena ulah tangan manusia sebagaimana firman Allah dalam Al Quran Surat Ar-Rum: 41 yang artinya:

 “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar.( QS Ar Rumm :41)

قال رسول الله : ارحموا من في الارض يرحمكم من في السماء

Artinya : Berkasih sayanglah dengan segala yang ada di bumi (manusia dan alam) maka Zat yang ada dilangit akan menyayangimu (HR Bukhori  dan Muslim )

Berdasarkan ayat dan hadist diatas kita diperintahkan untuk melestarikan lingkungan dan alam yang salah satu akibat kalau kita melalaikan akan terjadi bencana dan yang merasakan kesengsaraannya adalah kita sendiri.

Gunungkidul kabupaten yang dahulu dikenal masyarakat sebagai tanah yang tandus dan kering , dengan keuletan dan semangat masyarakat, 10 terakhir ini  terkenal dengan keelokan alamnya dan keramahtamaan masyarakatnya. Hal ini merupakan anugrah Allah SWT yang tak ternilai harganya.

Kita sebagai bagian masyarakat Gunungkidul harus berpartisipasi khususnya generasi muda harus ambil peran dalam pelestarian lingkungan dengan cara :

  1. Rajin menuntut ilmu di sekolah dan berusaha untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi agar kita punya kesempatan menjadi orang dapat mengambil kebijakan atau mengolah sumber daya alam di Gunungkidul karena bila kita tidak punya kemampuan dalam bidang keilmuan tertentu maka kita akan menjadi penonton atau pesuruh saja.
  2. Bertekad dan berusaha kembali ke desa agar penglolaan sumber daya alam bisa kita lakukan sendiri dan tidak dikuasai oleh orang diluar Gunungkidul
  3. Mensosialisasikan hidup yang ramah lingkungan pada masyarakat melalui sekolah, pengajian, kegiatan kemasyarakatan atau media elektronika.

Demikian tugas generasi muda untukmenjaga dan melestariakan lingkungan agar kehidupan yang akan datang lebih baik.

Gunungkidul Bumi Keindahan Alam Al Quran Sd Al Mujahidin Generasi Muda Generasi Seru

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Andar Jumailan, M.M.

SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari adalah sekolah yang di bangun dengan semangat pengamalan al quran dan  as sunnah ashohihah. SD…

Selengkapnya