SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Jl. Mayang, Gadungsari, Wonosari, Gunungkidul

membangun kecerdasan dan keshalehan

TIPS AJARKAN MATEMATIKA PADA ANAK (1)

Kamis, 15 Juni 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 208 Kali

 

13 Februari 2017 Administrator Dibaca : 87 Kali

SAHABAT KELUARGA- Orang tua kerap pusing dan lantas marah-marah bila anaknya susah menguasai pelajaran matematika. Padahal, pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran utama dan penting sejak di tingkat sekolah dasar sampai SMA.

Ada tulisan yang dikutip dari portal anakcerdas.net. yang mungkin bisa dicoba orang tua untuk mempermudah membantu anak dalam menguasai pelajaran matematika.

Intinya, cobalah menyesuaikan cara mengajarkan matematika dengan tipe belajar si anak. Begini.....ada tiga tipe belajar, yaitu tipe visual, auditori, dan kinestetik. Yuk, kita bahas satu-satu.

Tipe Visual

Orang dengan gaya belajar visual menyerap informasi dengan melihat hal yang ada di depan mereka dan menyimpan gambar di otak mereka. Mereka sering menikmati membaca, memiliki tulisan tangan yang bagus, sangat detail-oriented ,teratur, dan memiliki kesadaran yang tajam warna dan bentuk .

Mereka cenderung untuk memiliki kesulitan dengan petunjuk verbal dan mudah terganggu oleh kebisingan. Mereka dapat mengingat wajah orang-orang  lebih baik daripada nama-nama mereka, dan mereka sering harus mempertahankan kontak mata untuk melakukan percakapan dengan seseorang.

Untuk anak dengan tipe belajar visual ini, cobalah:

  • Biasakan si anak untuk selalu menuliskan penjelasan dari pelajaran yang diberikan. Menulis dan membaca merupakan aktivistas yang disukai anak visual.
  • Gunakan flashcarduntuk membantu belajar. Sebagai contoh, anda dapat membuat serangkaian kartu dari rumus-rumus matematika yang harus dipelajari anak.
  • Ajarkan anak anda untuk menggunakan warna-warna berbeda sewaktu mencatat pelajaran atau mengerjakan soal. Anak visual sangat menyukai warna-warna, sehingga proses menulis dan membaca menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan.
  • Gunakan analogi visual sewaktu menerangkan konsep matematika, contohnya ketika menerangkan tentang pecahan, gambarlah buah yang dipotong menjadi beberapa bagian sehingga si anak lebih mudah dalam membayankannya.
  • Gunakan gambar, grafik, atau diagram untuk melengkapi penjelasan yang diberikan
  • Gunakan program komputer atau aplikasi smartphone tentang matematika yang memiliki visualisasi yang menarik.
  • Pastikan anak anda menyusun rapi catatan pelajarannya. Catatan yang disusun rapi serta dibuat dengan warna-warna yang menarik akan membuat anak visual senang untuk membacanya kembali. Yanuar Jatnika

Bersambung

source :http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3798

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Andar Jumailan, M.M.

SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari adalah sekolah yang di bangun dengan semangat pengamalan al quran dan  as sunnah ashohihah. SD…

Selengkapnya